Kamis, 26 April 2012

ANALISA PEMASARAN STRATEGIK PADA KASUS “ TIM SUKSES RE-LAUNCH SIRION


Strategik marketing  tim marketing daihatsu menggunakan sirion  menjadi pilot project bagi daihatsu dalam menjalankan strategik komunikasi  (MarComm) yang integratif dan komprehensif .  Dan strategik  ini yang menjadikan benchmark program-program komunikasi daihatsu sukses dalam mendongkrak penjualan sirion hingga lima kali lipat.

Strategik MarComm tersebut didukung oleh kaum adam yang cekatan. Dan strategik MarComm ini terdiri dari 3 tahapan strategik yang harus di eksekusi, yaitu :

1.       Pre-Launcing Sirion

Strategik ini dieksekusi 2 minggu sebelum sirion diluncurkan pada event akbar indonesia international motor show (IIMS) 2011, tahapan ini dikemas agar mampu membangun keingintahuan publik  terutama anak muda dan keluarga muda tentang sirion dengan menciptakan maskot sirion jo de plant .  Pada tahap pre-launcing ini tim daihatsu menggunakan multi channel untuk bekomunikasi yaitu aneka sosial media, aktivasi fkash mob dan radio. Dan hasilnya dalam tempo sehari sirion bisa menghimpun 700 follower.



2.       Launcing Sirion

Pada peluncuran resmi sirion , daihatsu  memasang objektif kampanye  membangun awareness, dimana peluncuran new sirion di IIMS 2011 dilakukan melalui serangkaian , program , seperti test drive untuk para jurnalis, penayangan iklan di tv, media cetak, radio dan internet (internet banner)



3.       Post Launcing Sirion

Pada tahap akhir ini tim daihatsu menciptakan experience terhadap konsumen dan TVC, print ad, iklan diradio dan internet banner masih dimanfaatkan dalam tahapan post launcing. Selain itu juga digelar test drive, pameran sirion exhibition dan memorable event.

Tim sukses yang menciptakan dan mengeksekusi strategik Marcomm ini terdiri dari tiga departemen yaitu Dept. Promosi, Dept Public relation dan Dept sales planning. Dengan sportivitas kekompakan dan dibalut rasa kebersamaan serta pemikiran yang open mind, tim ini berhasil mengatasai berbagai rintangan dan tantangan dalam meluncurkan new sirion.

1 komentar: