Strategik marketing tim marketing
daihatsu menggunakan sirion menjadi
pilot project bagi daihatsu dalam menjalankan strategik komunikasi (MarComm) yang integratif dan komprehensif . Dan strategik ini yang menjadikan benchmark program-program
komunikasi daihatsu sukses dalam mendongkrak penjualan sirion hingga lima kali
lipat.
Strategik MarComm tersebut didukung oleh kaum adam yang cekatan. Dan strategik
MarComm ini terdiri dari 3 tahapan strategik yang harus di eksekusi, yaitu :
1. Pre-Launcing Sirion
Strategik
ini dieksekusi 2 minggu sebelum sirion diluncurkan pada event akbar indonesia
international motor show (IIMS) 2011, tahapan ini dikemas agar mampu membangun
keingintahuan publik terutama anak muda
dan keluarga muda tentang sirion dengan menciptakan maskot sirion jo de plant . Pada tahap pre-launcing ini tim daihatsu
menggunakan multi channel untuk bekomunikasi yaitu aneka sosial media, aktivasi
fkash mob dan radio. Dan hasilnya dalam tempo sehari sirion bisa menghimpun 700
follower.
2. Launcing Sirion
Pada
peluncuran resmi sirion , daihatsu
memasang objektif kampanye
membangun awareness, dimana peluncuran new sirion di IIMS 2011 dilakukan
melalui serangkaian , program , seperti test drive untuk para jurnalis,
penayangan iklan di tv, media cetak, radio dan internet (internet banner)
3. Post Launcing Sirion
Pada
tahap akhir ini tim daihatsu menciptakan experience terhadap konsumen dan TVC,
print ad, iklan diradio dan internet banner masih dimanfaatkan dalam tahapan
post launcing. Selain itu juga digelar test drive, pameran sirion exhibition
dan memorable event.
Tim sukses yang menciptakan dan mengeksekusi strategik Marcomm ini
terdiri dari tiga departemen yaitu Dept. Promosi, Dept Public relation dan Dept
sales planning. Dengan sportivitas kekompakan dan dibalut rasa kebersamaan
serta pemikiran yang open mind, tim ini berhasil mengatasai berbagai rintangan
dan tantangan dalam meluncurkan new sirion.
nice post
BalasHapus