Marketing Strategik


ANALISA KASUS “SABBATHA” 

 1. Coba identifikasi fenomena atau konsep marketing strategik yang ada dalam kasus ? 

Ada fenomena keunggulan dan keunikan strategi yang dilakukan “Sabbatha” dalam membangun dan menggembangkan usahanya, yaitu : 
• Sabbatha mempunyai kemampuan unik yaitu dia seorang seniman yang bisa menyalutkan jiwa seninya sehingga dalam menekuni profesinya sebagai bag designer, dia mengkombinasikan unsur seni dan kebutuhan lifestyle. 
• Produk usaha ‘sabbatha” berupa tas-tas yang unik karena ketepatan kombinasi bahan-bahan yang digunakan sesuai kretivitas jiwa seni yang dia miliki, sehingga produknya merupakan produk lokal yang mempunyai prestise yang tinggi dan bisa sejajar dengan merk-merk terkenal lain di pasar global. Contohnya produk sabbtaha dipake artis papan atas.
 • Dalam manajemennya sabattha sangat loyalitas terhadap karyawannnya dan tidak memberi kesan dia sebagai atasan 
• Strategi pemasarannya sabbatha sangat jeli dalam mempromosikan produknya dengan memilih tempat yang tepat untuk gerai tas seperti di bali dan jakarta . Serta berencana semakin memperluas menembus pasar global dengan membuka toko di Jepang (Tokyo) dan Rusia (Moskow)

 2. Klasifikasikan setiap penomena tersebut dari perfekstif teori ? 

Dalam proses marketing strategiknya “ Sabbatha” berdasarkan Resource Driven dan bukan market driven. Resource driven yaitu Sabbatha jeli dalam memilih segmen pasar yang sesuai dengan keahliannya yang unik dalam bidang seni, dimana dia bisa mencocokan pasarnya dengan keahliannya sehingga bisa dengan mudah mencapai pasar sasaran tersebut. 

 3. Analisa karakakteristik antara fenomena dengan konsep teori dari kasus di atas? 
• Sabbatha menggunakan konsep Resource Driven dalam strategik pemasarannya. 
• Sabbatha menciptakan brand image yang sangat khas untuk produk tasnya 
• Konsep promosinya sabbatha sangat jeli membaca ruang-ruang publik online dalam memasarkan produknya 
• Konsep produknya sabbatha membuat produk tas yang unik dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengkombinasikannya kreativitas seninya sehingga menghasilkan tas-tas lokal yang eksklusive yang bisa bersaing bahkan sejajar dengan tas-tas merk terkenal lain di pasar global. • Sabbatha mengembangkan usahanya dengan menembus pasar global yaitu dengan membuka toko di Jepang dan Rusia, dan merupakan salah satu strategik pemasaran untuk usahannya tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar