Kamis, 14 Juni 2012

Analisa Kasus "Lexus yang selalu mengejar kesempurnaan "


Dilihat dari strategi pemasarannya mobil mewah lexus, perusahaan lebih fokus pada loyalitas pelanggan dalam relationship marketing yang mendorong munculnya CRM (Customer Relationship Marketing). Konsep ini menekankan pada pelanggan karena pelanggan sebagai ujung tombak suatu usaha. Dapat dilihat dari Lexus adalah perwujudan sukses dari perpaduan dari warisan yang kaya dan tradisi efisiensi produksi dan melebihi ekpektasi konsumen dalam pelayanan, reliabilitas, dan value. Untuk dapat memenuhi konsumen dan melebihi ekspektasi, Lexus memiliki tiga tujuan: 1. Memproduksi produk terbaik di dunia 2. Memperbaiki masalah secepatnya setiap waktu 3. Menyediakan pelayanan dan kenyamanan pada pemilik Lexus yang belum dialami sebelumnya. Dari pradigma diatas jelas sekali bahwa konsumen sebagai sumber kompetensi baru bagi perusahaan. Selain itu juga perusahaan melihat produk sebagai suatu entitas yang mencakup pertukaran antara proses yang dijalankan dengan proses yang dijalankan dengan pelanggan. Dan melalui pertukaran inikompetensi provider dipindahkan sebagaian kedalam penciptaan nilai pelanggan. Dan untuk strategi pemasaran di indonesia berbeda dengan negara-negara lain, yaitu dengan mengusung konsep galeri. Konsep ini diusung untuk memanjakan konsumen dan mendapatkan inspirasi dari geleri itu. Di sisi lain, kehadiran Lexus awalnya bukan untuk mengejar penjualan, namun untuk menghadirkan kembali budaya otomotif yang menekankan emotional attachment antara pelanggan dengan kendaraan.Dengan membangun brand Lexus dan memanjakan pelanggan dengan layanan personal yang berkelas. Pelanggan yang datang ke galeri dimanjakan dengan layanan dan perhatian berkelas Lexus. Dapat dilihat perusahaan memfokuskan CRM itu sendiri sebagai usaha untuk memperbaiki tingkat kepuasaan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan pendapatan dari pelanggan yang ada dalam menghadapi tingginya tingkat persaingan , globalisasi dan tujuan pelanggan serta perkembangan biaya pengakusisian pelanggan. Sehingga tujuan perusahaan mengembangkan CRM dalam m enciptakan hubungan pelanggan yang paling efektif dapat tercapai dalam menempatkan mobil mewah lexus yang mengejar kesempurnaan di pasar mobil-mobil mewah secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar