Kamis, 14 Juni 2012

Sekilas Tentang Segmentasi Global

 

Segmentasi Global

Segmentasi pasar global Suatu proses membagi pasar dunia kedalam kelompok pelanggan tertentu yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa. 
Dasar-dasar segmentasi meupakan faktor-faktor  yang mempengaruhi tuntutan atau respon pelanggan yang berbeda pada pasar dunia dibagi  berdasarkan pada :
1.      Pembagian pasar dunia ke dalam daerah geografis (Wilayah, ukuran Kota, kepadatan, iklim )
Keuntungan pasar dalam segmen ini lebih dekat satu dengan yang lain dan lebih mudah untuk dikunjungi dalam perjalanan yg sama serta perbedaan waktu yg kecil atau mungkin tidak ada . Kelemahannya walaupun berada di wilayah yg sama tidak menjamin negara2 tsb memiliki kesamaan. Contoh: Jepang dan Vietnam.
2.    Pembagian pasar dunia ke dalam daerah Demografis (usia, kelamin, keluarga dan siklus hidup, Ras, pekerjaan, atau penghasilan ) Karakteristik populasi yang dapat diukur seperti usia, gender, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan. Contohnya : Coca-Cola, Benetton, Swatch, Sony, MTV adalah perusahaan yang target utamanya adalah para remaja .
3.      Pembagian pasar dunia ke dalam Pshicografis (Gaya hidup dan Pergaulan)
Segmentasi ini melibatkan pengelompokkan orang2 dalam hal perilaku, nilai, dan gaya hidup Contoh: Porsche Cars North Amerika diperuntukkan bagi lelaki usia 40th ke atas, sarjana, dan memiliki pendapatan $200,000 per tahun. Untuk segmentasi psikografik yang dinyatakan oleh BSB (Backer Spielvogel & Bates’ Global Scan) mewakili 95% populasi di 18 negara dibagi kedalam beberapa bagian :
a.    Strivers (26%): anak muda dgn umur rata2 31 thn yg mengejar kesuksesan dan mencari materi.
b.    Achievers (22%): lebih tua dr strivers, berlebihan scr materi, mobile, telah menemukan kesuksesan, mementingkan kualitas.
c.    Pressured (13%): mayoritas wanita, keuangan konstan, adanya tekanan dr keluarga, memiliki masalah kehidupan.
d.    Adapters (18%): Usia lanjut usia yang hidup dgn menjaga nilai2 hidup dgn tetap terbuka dgn perubahan .
e.    Traditional (16%): Mereka yg menjaga nilai2 sejarah, budaya, dan warisan leluruhnya .
4.      Pembagian pasar dunia ke dalam Prilaku (Kejadian, manfaat, sikap dan guna) untuk segmentasi ini fokus kepada apakah seseorang membeli atau menggunakan suatu produk tertentu, seberapa sering dan seberapa banyak mereka menggunakannya. Dapat dibagi menjadi usage rates (heavy, medium, light, nonuser) dan user status (potential users, nonusers, ex-users, regulars, first-timers, dan users of competitors products) Contoh : Perusahaan Campbell Soup menjadikan China sebagai target mereka mengingat China adl pengkonsumsi sup tertinggi di dunia
5.   Pembagian pasar dunia ke dalam Manfaat (Benefit, cost) untuk segmen ini fokus kepada persamaan nilai dimana pendekatan ini akan berhasil jika pemasar memiliki pemahaman yang superior terhadap masalah yg dapat dipecahkan oleh suatu produk tertentu atau oleh manfaat yg ditawarkan Contoh: Nestle menemukan bahwa dimanapun berada, perilaku pemilik kucing dalam memberi makan kucingnya sama. Oleh krn itu diciptakanlah Friskies, makanan kucing kering .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar